Home » » Cara Mengetahui Keaslian Madu Dengan Mudah

Cara Mengetahui Keaslian Madu Dengan Mudah

Written By ILMI AMALA AGUSTINA on Tuesday, June 18, 2013 | 1:18 AM

Cara Mengetahui Keaslian Madu Dengan Mudah
Madu merupakan salah satu kekuasaan Allah swt yang banyak manfaatnya, namun saat ini Madu asli relatif sulit di dapat walaupun disetiap kemasan madu baik pabrikan atau olahan rumah tangga, tetap saja mengklaim madu asli dan murni. Bagaimana cara mudah membedakan madu asli dengan yang campuran? ''Ada banyak trik yang dikenal masyarakat.

Ada yang menguji keaslian madu dengan meneteskannya di atas kertas koran. Kalau merembes, madu dikatakan asli. ''Pendapat ini keliru.

Sebagian orang juga mencoba menguji keaslian madu dengan membiarkannya terbuka. Madu asli diyakini tidak akan dikerubuti semut. ''Yang ini juga kurang benar.

Ada pula yang mengujinya dengan mengoleskan madu pada pucuk korek api, lantas coba dinyalakan. Cara lainnya ialah dengan membakarnya di atas sendok untuk melihat ada tidaknya nyala api sebagai tanda keaslian. ''Sayangnya, cara tersebut masih belum terbukti keakuratannya,''.

Lantas cara apa yang paling akurat mengetes keaslian madu?

Bagaimana cara jitu menerka keaslian madu? Uji saja dengan kuning telur. ''Campurkan dua sendok madu lantas kocok. Jika kuning telur tampak mengkristal seperti matang, itu tandanya madu asli. Madu sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas. Cukup tempatkan di wadah tertutup rapat dan letakkan di suhu kamar. ''Kalau cara penyimpanannya benar, madu dapat tahan hingga empat sampai lima bulan.''

Cara kedua Uji Madu dengan Air. Caranya: Tuangkan 1/2 sendok madu diatas piring, kemudian tuangkan air putih secukupnya diatas madu tadi. goyang-goyangkan piring, jika madu di atas piring membentuk pola seperti sarang lebah madu maka madu itu asli.

Demikian tips mengetahui keaslian madu yang disadur dari berbagai sumber, semoga bermanfaat dan selamat bereksperimen sahabat.
Share this article :

2 komentar:

Saling komentar positif dan blogwalking merupakan sahabat blogger yang baik, yuk kita jalin ukhuwah dan sillaturahmi kita sahabat.

 
Full Support by : Eka putrie ™ | SalamuN RespectoR | Kunci Dollar Gratis | Blog Unik Tips Trik
Copyright © 2013. ilmi amala agustina - All Rights Reserved
Protech Google ™ Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger